Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)


VISI
Tercetaknya tamatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa nasionalisme, kompeten di bidang Akuntansi, mandiri, profesional di era global dan berwawasan lingkungan
 
MISI
Membentuk tamatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berkepribadian kuat, mandiri, cinta tanah air dan bangsa, mampu bersaing dan berwawasan lingkungan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki




Mencentak Tenaga Akuntan Dan Perbankan Yang Jujur


Menjalani pendidikan di SMK Swadaya Temanggung, jurusan Akuntansi, banyak ilmu yang di dapat. Dari segi materi, pembelajaran di sekolah sangat bagus, baik pendalaman tentang teori hingga praktek dalam bidang akuntansi. Skill yang saya peroleh pun cukup baik. Sekarang saya bekerja sebagai seorang akuntan di PT Nasmoco Group Semarang” Ungkap Tutut Apriliyani, alumni tahun 2012

Ketika siswa di sejumlah SMK sibuk merakit mobil, sepeda motor, dan pesawat, siswa jurusan Akuntansi SMK Swadaya Temanggung, “merakit” tenaga akuntan dan perbankan yang kompeten dan jujur. Sekolah ini mendirikan Bank yang di beri nama Bank Mini SMK Swadaya.

Bank itu terletak di samping pintu gerbang utama sekolah, seluas 72 meter persegi. Di dalamnya ada ruang kepala dan staf, kursi tunggu nasabah, meja teller dan pelayanan nasabah, meja pengambilan dan penulisan slip setoran, mesin pendeteksi uang palsu, serta mesin penghitung uang.

Bank Mini SMK Swadaya berdiri hampir bebarengan dengan berdirinya jurusan Akuntansi, tahun 1989. Bank Mini memiliki fungsi utama sebagai tempat membayar dan tempat praktek siswa.

Nasabah bank mini adalah siswa dan guru. Dari 1445 siswa, setidaknya lebih dari 900 siswa terdaftar sebagai nasabah. Tidak ada batasan minimal nominal uang saat siswa menabung. Berapapun bank mini siap menerima. Layaknya perbankan, untuk menabung siswa harus mengisi slip setoran sembari menyertakan buku Tabungan Mandiri Siswa. Slip setoran, buku tabungan, dan uang yang ditabung diserahkan kepada teller yang adalah siswa SMK Swadaya.

Kepala Bank Mini, Ibu Kuseteyawati, S.Pd M.M mengatakan, bank mini itu dibangun untuk membantu praktik siswa jurusan akuntansi. Dengan bank itu, siswa dapat langsung mempraktikkan teori di kelas.

Guru Akuntansi SMK Swadaya, Ratna Candra, mengatakan, pengelolaan bank mini bukan sekadar upaya meningkatkan keterampilan praktik siswa. Pengelolaan bank itu juga merupakan pendidikan karakter agar siswa jujur dalam bekerja dan tidak mengorupsi uang yang dikelola.

Kedepan, Harapannya Bank mini bisa menjawab tantangan dunia perbankan. Bank Mini SMK Swadaya dapat berkembang dan membuka cabang di luar sekolah. Akuntansi maju, Swadaya Jaya.