Berbagai Macam Lomba Menjelang 17 Agustus

Tujuhbelas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita. Memasuki bulan Agustus, lagu tersebut sudah mulai sering dinyanyikan sebagai tanda bahwa peringatan kemerdekaan negara Indonesia yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 17 Agustus. Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Perayaan itu dilakukan oleh semua pihak, baik di instansi pemerintahan,perusahaan, juga di pendidikan. Di sekolah-sekolah, perayaan HUT RI menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Kemeriahan bagitu terasa setiap kali memasuki bulan agustus.

Menjelang 17 Agustus, SMK Swadaya Temanggung  sudah berhias, dekorasi khas kemerdekaan sipasang di sekeliling sekolah seperti umbul-umbul merah putih, bendera-bendera kecil dan lainnya. Kelas-kelas pun dihias sedemikian rupa, selain untuk perayaan kemerdekaan juga untuk ikut lomba Adiwiyata dan administrasi kelas  yang diadakan oleh sekolah.

Satu minggu menjelang  perayaan HUT RI ke-73, masing-masing angkatan setiap kelas sudah melakukan berbagai persipaan yang bertemakan “Merah Putih” . Mulai dari mendekorasi ruangan kelas, membuat mading kelas dan masih banyak lagi yang siswa-siswi buat demi menyambut hari bahagia yang kaan dirayakan oleh seluruh warga Indonesia.

 

Mendidik melalui aneka lomba 17an

Perlombaan 17 Agusus adalah agenda rutin yang diadakan hampir seluruh warga Indonesia, tak terkecuali SMK Swadaya Temanggung. Hal ini untuk mengingatkan sejarah kemerdekaan, menghargai jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan, serta membangkitkan kembali semangat nasionalisme.

Sekarang ini panitia lomba kemerdekaan berusaha mengemas acara perlombaan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI dengan cara yang efisien, mendidik sekaligus membangun rasa nasionalisme dalam diri, terutapa anak-anak sebagai generasi masa depan.

 

Berbagai macam lomba 17an untuk mendidik anak

SMK Swadaya Temanggung mengadakan berbagai macam lomba-lomba yang mengandug konsep belajar didalamnya untuk mendidik anak, meningkatkan kreativitas serta kekompakan antar siswa. Lomba-lomba yang dilaksanakan di SMK Swadaya Temanggung adalah:

 

Lomba PBB


Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) bertujuan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan,disiplin sehingga dengan demikian dapat melahirkan sifat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggungjwab serta mempererat rasa kebersamaan para siswa.

 

Lomba Adiwiyata Kelas

Sesuai dengan visi dan misi SMK swadaya Temanggung  untuk membuat para siswa memiliki wawasan ligkungan, lomba adiwiyata kelas pilih untuk membentuk generasi muda yang sadar lingkungan serta menciptakan suasana sekolah yang indah, aman dan nyaman.

 

Lomba Paduan Suara


Lomba Paduan suara antar kelas diikuti seluruh kelas X dan XI. Dalam lomba paduan suara peserta diwajibkan untuk menyanyikan lagi Indonesia Raya 3 stanza, Mars SMK Swadaya serta yel-yel kelas yang diciptakan sendiri oleh anak. Lagu nasional saat ini mulai jarang terdengar dilantunkan oleh anak-anak, mereka lebih menyukai menyanyikan lagu yang bertema umum, dewasa maupun yang berasal dari luar negeri.

Dengan diadakannya lomba paduan suara yang menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza akan membuat anak berusaha menghapalliriknya, memahami artinya,kemudian mengetahui kondisi saat lagu ini dibuat yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme anak serta mendidik anak agar lebih mencintai lagu-lagu tanah air.

Menyanyikan Mars SMK Swadaya serta yel-yel kelas bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anak dan menumbuhkan rasa bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar SMK Swadaya Temanggung serta untuk meningkatkan kreativitas serta kekompakan anak.

Niken Ika Destiana selaku pembina OSIS dalam rangka HUT RI ke-73 di SMK Swadaya Temanggung mengatakan selain unutk memeriahkan hari kemerdekaan juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme serta lebih mempererat persaudaraan antara siswa-siswi di SMK Swadaya, terutama untuk siswa baru agar saling kenal.“Dengan berkumpulnya mereka begini saling kerja sama dan mempererat hubungan siswa yang satu  dengan yang lain” jelasnya.

Momen kemerdekaan memang selalu ditunggu-tunggu. Suasana kompetisi antar kelas selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap perayaan HUT RI. Dari masa ke masa, lomba tujuhbelasan selalu menyemarakkan suasana sekolah.

Tidak hanya kemeriahan yang diharap­kan, tetapi juga dapat mengajarkan makna perjuangan dan sikap menjaga kemerdekaan yang telah dirasakan selama 73 tahun tersebut. Semoga di hari ulangtahun Kemerdekaan RI yang ke 73 ini, para pelajar di Indonesia dapat lebih berprestasi dan mengharumkan nama bangsa sebagai bentuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan.