Pasukan Marching Band SMK Swadaya Meriahkan Merti Bhumi Phala

Pasukan Marching Band SMK Swadaya ikut memeriahkan acara Merti Bhumi Phala yang diadakan oleh Pemkot Kabupaten Temanggung, Sabtu (27/04/2019) pagi.

Puluhan anggota marching band berpakaian semi militer memukau penonton melalui atraksi-atraksi mereka.

Pasukan tersebut adalah kelompok Marching Band Gema Kartika Mandala, SMK Swadaya Temanggung.

Aditiya Nugroho Selaku pembina Marching Band Gema Kartika Mandala, mengatakan, pasukan marching bandnya berjumlah 90 orang. Terdiri dari tiga mayoret, belasan tenor, belasan belira, belasan terompet, dan bass.

Selain itu, seragam dalam satu kelompok marching band juga dibedakan berdasarkan alat musik yang dimainkan.

Untuk memberikan penampilan yang maksimal dalam acara Merti Bhumi Phala, Gema Kartika Mandala harus berlatih setiap hari. Mereka menghabiskan waktu selama satu bulan penuh.

Merti Bhumi Phala adalah acara slametan wiwit tembakau. Yakni tasyakuran berdoa pada Sang Yang Kuasa semoga tembakau yang baru saja di tanam bisa selamat hingga menjadi tembakau siap dijual.

Acara Merti Bhumi Phala diawalai dengan arak-arakan tumpeng raksasa dan karnawal seni dari Sekda menuju Tugu Pancasila dan berakhir di alun-alun Temanggung. Marching Band Gema Kartika Mandala, mengawal tumpeng raksasa dan memberikan penampilan yang terbaik selama perjalanan. Acara kemudian ditutup dengan makan bersama tiga ribu tumpeng dan ditutup dengan pentas kesenian tradisional.

Aditya Nugroho, selaku pembina Marching Band Gema Kartika Mandala mengatakan kedepan, Pasukan Marching Band akan selalu mengambil bagian dalam acara-acar yang digelar oleh Pemkot Temanggung.