Sekilas Sejarah SMK Swadaya Temanggung

EMPAT WINDU SMK SWADAYA MERAJUT ASA

Hasil wawancara dengan Tim Manajemen Sekolah: H. Muhasyim, S.Pd

 

Jangan sekali-kali melupakan sejarah, begitulah kalimat yang tepat saat kita menyaksikan perkembangan SMK Swadaya sekarang ini. SMK Swadaya yang sekarang ini memang tidak luput dari goresan tinta perjuangan yang mengakar tajam di setiap sendi kehidupannya. Di lahan berdirinya sekarang, dapat kita saksikan perkembangan dunia pendidikan yang pernah berjaya pada eranya. Pada tahun 1978, berdiri kampus SPG (Sekolah Pendidikan Guru) yang bertahan dua puluh tahun, kemudian pada tahun 1998 kampus SPG terpaksa harus ditutup. Selang dua tahun setelah itu, berdirilah SMA Swadaya yang bertahan lima tahun lebih lama dibandingkan pendahulunya yaitu dari tahun 1990 sampai 1999. Pada tahun 2000 mulailah berdiri SMEA Swadaya yang sekarang dikenal dengan SMK Swadaya Temanggung.

Bermodal niat, semangat, tekad yang kuat, kerja keras, dan kekompakan dari seluruh guru dan karyawan serta arahan dan bimbingan dari pengurus yayasan, maka usaha tersebut membuahkan hasil yang cukup membanggakan. Hal tersebut bisa dilihat dari kepercayaan masyarakat terhadap SMK Swadaya dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang signifikan setiap tahunnya. Pada tahun pertama  jumlah siswa hanya 34 anak, jumlah siswa terus mengalami peningkatan pada tahun-tahun berikutnya hingga kini. Tercatat sebanyak 1307 siswa menempuh pendidikan di SMK Swadaya pada tahun ajaran 2016/2017. (data lengkap perkembangan siswa dapat dilihat pada halaman 24)

Selama perjalanannya dibawah kepemimpinan Bapak H. Muhasyim, S.Pd sudah banyak upaya yang telah ditempuh oleh SMK Swadaya untuk meningkatkan kualitas di segala bidang, baik dari pendidik dan tenaga kependidikan maupun sarana dan prasarana pendukung. Hal tersebut dibuktikan dari adanya perhatian dari pihak sekolah terhadap peningkatan kualifikasi guru dan karyawannya. Salah satunya dengan  memberikan kesempatan kepada para guru untuk menempuh studi lanjut S2 yang sampai tahun ini tercatat ada 10 guru yang telah berijazah S2. Dari segi sarana, swadaya selalu update dan peka terhadap perkembangan yang ada. Beberapa hal yang sudah dilakukan dalam peningkatan sarana dan prasarana yaitu pembangunan dua lokal kelas baru dan laboraturium pembelajaran pada tahun pelajaran 2016/2017.

Untuk menunjang lulusan yang siap kerja dan kompeten, pihak sekolah bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Temanggung mengadakan kursus tambahan ketrampilan (skill) yang tidak diajarkan di sekolah. Beberapa yang diajarkan dalam program kerjasama BLK diantaranya keterampilan listrik industri, TKR (Teknik Kendaraan Ringan), Multimedia, Menjahit, Tata Boga, dan Otomotif. Sebelum adanya program kerjasama BLK pun, lulusan SMK Swadaya selama ini sudah banyak yang terserap di berbagai pekerjaan yang bonafide, baik di wilayah lokal Temanggung, regional, nasional bahkan sampai Internasional yang selama ini negara tujuannya adalah Malaysia. Berbekal sertifikat dan ketrampilan dari BLK tersebut, harapannya siswa akan lebih siap dan mudah mencari pekerjaan sehingga keterserapan lulusan ke dunia kerja akan semakin meningkat.

Beberapa kemajuan lain yang menonjol adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMK Swadaya Temanggung. Hal ini terlihat pada setiap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pendaftar yang masuk selalu melebihi daya tampung. Selain itu, adanya manajemen mutu sekolah yang sudah terstandarisasi (ISO) menjadi nilai tambah bagi SMK Swadaya dibandingkan dengan sekolah lainnya. Adanya ISO-9001:2015 yang terbaru ini mengandung Risk Based Thinking yaitu memperhatikan dan mempertimbangkan segala resiko dalam setiap pengambilan keputusan, yang menambah kualitas swadaya menjadi lebih bonafide. Ditambah lagi, saat ini SMK Swadaya Temanggung telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) berkat usaha dan kerja keras yang telah dilakukan demi terus mencapai kemajuan sekolah dan kompetensi prefesional bagi para lulusannya. Pengakuan dari pemerintah terhadap SMK Swadaya pun sangat baik, terbukti dari status nominasi sebagai SMK rujukan, dan nilai A yang diperoleh dari akreditasi sekolah. Semua kemajuan dan pencapaian tersebut tentunya tidak terlepas dari peran aktif SMK Swadaya dalam setiap kegiatan pendidikan yang selama ini dijalankan dengan baik. Dalam segi lulusan, banyak alumni yang langsung terserap ke dunia kerja, bahkan sebelum kelulusan sudah banyak siswa yang diterima di beberapa perusahaan terpercaya.

Beberapa kegiatan yang sudah terlaksana diantaranya:

1.      Tahun 2015: Dilaksanakan Swadaya Expo yang dihadiri oleh bupati Temanggung Bambang Sukarno sekaligus membuka TUK AP, Laboraturium PMS dan Laboraturium Bahasa Inggis.

2.      Tahun 2016: Dimulai pembangunan dua lokal kelas baru di sebelah timur gedung utama serta dilaksanakan sertifikasi BNSP dan sertifikasi asesor guru produktif.

3.      Tahun 2017: Dilaksanakan program bedah rumah, penanaman bibit ikan di sungai sekitar Temanggung dan penandatanganan MOU sekolah dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Maron untuk menunjang ketrampilan lulusan yang siap kerja.

Ditengah padatnya kegiatan, SMK Swadaya masih bisa berprestasi diberbagai perlombaan dari tingkat kabupaten sampai dengan provinsi. Di tahun 2017, SMK Swadaya sukses memborong piala kejuaraan diberbagai tingkat kabupaten dan provinsi. Antara lain:

1.      Juara I Lomba Tari Tingkat Propinsi Jawa Tengah

2.      Juara I Lomba Parade Gerabah Tingkat Propinsi Jawa Tengah.

3.      Juara I Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Temanggung.

4.      Juara I Stand Ekspo dalam Pameran Pendidikan Kabupaten Temanggung

5.      Juara I Vocal Group Tingkat Kabupaten Temanggung

6.      Juara II Festivasl Band Tingkat Kabupaten Temanggung

7.      Juara II Tari Perjuangan Tingkat Kabupaten Temanggung

8.      Juara II Tari Tradisional Tingkat Kabupaten Temanggung

Pencapaian diatas merupakan hasil kerja keras warga swadaya dibawah bimbingan tim manajemen yang selalu mengarahkan dan mendorong demi tercapainya swadaya hebat. Terbukti hanya dalam kurun waktu satu tahun swadaya mampu berprestasi disegala bidang.

Namun begitu, semoga pencapaian yang telah diraih tak menjadikan SMK Swadaya mudah berpuas diri. Sebagaimana filosofi padi, semakin berisi akan semakin menunduk. Semakin banyak pencapaian terwujud akan membuat SMK Swadaya semakin merasa belum mencapai apa pun. Dalam perjalanan ini, SMK Swadaya selalu sedang “menuju”. Cita-cita untuk menuju SMK Swadaya hebat tak berhenti sampai di sini, masih banyak impian yang menunggu untuk diwujudkan. Diantaranya, wacana membuka program keahlian baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, menjalin kemitraan dengan perusahaan atau lembaga yang mendukung kemajuan sekolah dan lulusan, memciptakan jejaring antar SMK yang maju, program pertukaran pelajar (Student Exchange) tingkat ASEAN dan kemitraan, pemaganggan guru di DU/DI serta membudayakan pendidikan karakter dengan 18 nilai karakter di seluruh warga SMK Swadaya. Beberapa upaya tersebut merupakan gambaran Swadaya di tahun yang akan datang, sebuah cita dan harapan yang dijadikan pijakan untuk melangkah kedepan menuju Swadaya yang semakin hebat. [Hendy]