Smeda Berkarya

Kreasi Hebat Anak Swadaya

 

Berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung dalam meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui penyelenggaraan Pameran Pendidikan. Di tahun 2017, kegiatan tersebut dilaksanakan di kawasan gedung Pemuda Kowangan Temanggung. Kegiatan ini berlangsung salama tiga hari dan mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan semaraknya tampilan beberapa stand dan banyaknya pengunjung yang hadir.

Dari sekian banyak satnd yang ada, salah satunya terdapat stand dari SMK Swadaya Temanggung yang mengusung tema “Swadaya Caffe”. Menurut Koordinator Tim Kreatif stand SMK Swadaya Temanggung, konsep stand ini mengupas hasil kreativitas anak, dengan maksud supaya masyarakat lebih mengenal proses pengelolaan produk oleh jurusan Jasa Boga dan berbagai produk dari kegiatan yang dilaksanakan di SMK Swadaya. Disamping itu SMK Swadaya juga menampilkan kreativitas anak dalam membatik, berupa proses membatik dari awal sampai menjadi kain batik dengan berbagai motif yang indah. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar pengunjung tidak hanya melihat hasil akhirnya, tetapi tahu proses membatik bahkan bisa mencoba untuk membuat kreasi batik sendiri di stand tersebut.

“Konsep ini mengupas segala hal tentang kreativitas anak, mulai dari kuliner, kreasi membatik dan yang tak kalah menariknya adalah kreasi dalam pembuatan kostum menggunakan barang bekas.Ttalang air, kain perca dan batik dikombinasikan sehingga menjadi kostum yang indah dan menarik” ujar salah satu team kreatif. Adanya kostum yang unik tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang hobi hunting foto dengan spot  yang anti mainstream.

Padaacara puncak pameran pendidikan tanggal 27 Juli 2017, SMK Swadaya Temanggung meraih Juara 1 Stand Terbaik. Pemberian juara tersebut didasarkan pada kesesuaian tema, penyajian kreasi anak dan konsep. “Ini kebanggan yang sangat luar biasa bagi kami dan sekolah tentunya, karena tidak menyangka akan menjadi juara 1 dengan konsep yang sederhana namun luar biasa” ungkap salah satu tim krearif.


Share :

Kirim Pesan Anda