BERSAMA PUSKESMAS, SMK SWADAYA LAKSANAKAN VAKSIN SISWA

Kamis, 30 September 2021 siswa kelas XII SMK Swadaya Temanggung melaksanakan vaksinasi Covid 19 di sekolah.

Bertempat di Aula SMK Swadaya Temanggung, sebanyak 415 siswa dari 14 kelas melaksanakan vaksin Covid 19. Vaksinasi ini merupakan  program dari Puskesmas Temanggung untuk SMA/K yang termasuk dalam wilayah kerjanya. Sebenarnya, SMK Swadaya mendapat kuota sebanyak 503 siswa. Namun 67 siswa diketahui telah melakukan vaksin dan sisanya tidak lulus screening karena berbagai alasan medis.

Siswa hadir ke sekolah pukul 07.00 WIB dan langsung ditempatkan di kelas masing-masing. Setiap rombongan belajar dibagi ke dalam 2 kelas dengan didampingi oleh wali kelas dan 1 guru pendamping. Di kelas, para siswa menunggu giliran vaksin sambil mengisi identitas pada kartu screening. Wali Kelas dan guru pendamping memastikan para siswa tetap mematuhi protokol kesehatan selama di kelas, sebelum dan sesudah vaksinasi.

Di aula, terdapat 15 tenaga kesehatan yang telah mengenakan APD. Mereka bertugas dengan sigap dan cepat untuk menyuntikkan vaksin. Usai mendapatkan vaksinasi, para siswa kembali ke kelas dan menunggu selama 15 menit untuk mengetahui reaksi vaksin. Setelah dipastikan tidak ada reaksi yang berbahaya, siswa diizinkan meninggalkan sekolah dan langsung pulang ke rumah. Proses vaksinasi ini selesai tepat berkat profesionalitas para tenaga kesehatan dari Puskesmas Temanggung dibantu guru yang bertugas.

Di penghujung acara, satuan tugas dari Polres Temanggung juga turut memantau jalannya vaksinasi siswa. Selain itu, bapak ibu polisi tersebut juga memberikan edukasi kepada siswa tentang aplikasi Peduli Lindungi yang bisa digunakan untuk membantu memutus rantai penyebaran virus Covid 19. Diantara fitur aplikasi Peduli Lindungi yang dijelaskan adalah untuk mengetahui persebaran penyitas Covid 19 di suatu tempat, merekam riwayat perjalanan kita, pendaftaran program vaksinasi, dan mengakses sertifikat vaksin bagi yang sudah melakukan vaksinasi Covid 19 sebelumnya.

Meski sudah memperoleh vaksinasi, siswa-siswi diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada, agar Pandemi Covid 19 segera berakhir. Pesan ini sebagaimana yang disampaikan Kepala SMK Swadaya, H. Muhasyim, S.Pd. dalam sambutannya. [Nacan]



88 12 Oct 2021