Jaksa Goes to SMK Swadaya

Senin (11/10/2021) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengadakan program “Goes to School” di SMK Swadaya Temanggung. Kegiatan ini merupakan upaya Kejaksaan memberikan penyuluhan terkait penegakan hukum untuk kalangan pelajar.
“SMK Swadaya Temanggung adalah sekolah pertama yang kami kunjungi dalam program Kejaksaan “Goes to School”. Setelah ini kami akan mengunjungi beberapa sekolah di kabupaten Temanggung.” Ucap Arif Hidayat S.H, M.H
Misi besar Kejari adanya program “Goes to School” adalah untuk memberikan pengenalan hukum kepada siswa. Terlebih permasalahan hukum yang rawan terjadi dikalangan siswa seperti perundungan/bullying. 
Tim Intelegensi Kejari Temanggung, mengajak siswa untuk mengindari perundungan/bullying. Mereka menjelaskan bahwa perundungan memiliki banyak jenis. Perundungan secara verbal, fisik, sosial, dan cyber bullying. 
Daya Mayang Sari (XI AKL 1) salah satu perserta mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat. Ia menjadi lebih paham bahwa tindakan bullying atau perundungan memiliki banyak macam dan bisa dijerat oleh hukum.
“Saya baru mengerti bahwa kasus bullying bisa dipidanakan meskipun dilakukan oleh yang usianya kurang dari 17 tahun. Bagi anak yang usianya lebih dari 12 tahun, maka kasus hukumnya ada penanganan tersendiri.   Sedangkan anak dibawah usia 12 tahun tidak bisa diproses pidana oleh kejaksaan.” Ucap Daya usai mengikuti kegiatan tersebut.
Dalam kegiatan tersebut Kejari Temanggung membagikan Doorprize untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan tercepat. Empat siswa mendapatkan doorprize berupa uang tunai dan thumbler menarik dari Kejari Temanggung.
Di akhir kegiatan, Kejari Temanggung berharap di Kabupaten Temanggung terlebih di SMK Swadaya tidak terjadi kasus pelanggaran hukum di kalangan siswa. Akan tetapi, jika terpaksa terjadi kasus pelanggaran hukum harus selesai di sekolah atau keluarga, jangan sampai masuk di kejaksaan.

135 15 Oct 2021